Buruh Tani Juga Bisa Korupsi…? - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Sunday 11 May 2014

Buruh Tani Juga Bisa Korupsi…?

Buruh Tani Sedang bekerja


Buruh tani adalah buruh kasar yang bekerja di sawah,kebun dan lading.buruh tani biasanya berada di daerah daerah yang mayoritas penduduknya dalah petani dan memiliki lahan pertanian yang luas.setiap petani di mana saja tentu sangat membutuhkan jasa buruh tani,Buruh tani bukan saja untuk kalangan kaum adam tapi juga banyak sekarang kita liat kaum hawa juga ikut menjadi buruh tani. Buruh tani di upah dengan cara bekerja dulu baru upahnya di berikan,Seperti di Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur mulai dari pembersihan lahan sampai penanaman buruh tani sangat di perlukan oleh warga yang lahan pertaniannya luas.
Akhir akhir ini wargapetani sangat kesulitan dengan kurangnya buruh tani terutama di Desa Rensing Bat khususnya,Desa Rensing Bat mayoritas penduduknya adalah petani.dengan minimnya buruh tani ini para petani jadi gak segan segan menaikkan upah para buruh tani.tiap tahun kenaikan upah buruh tani naik. dulu di tahun 2013 upah buruh tani di Desa Rensing Bat satu hari adalah Rp. 40,000,Begitu musim pengolahan lahan untuk tembakauTahun 2014 upah naik lagi menjadi Rp.50,000 per hari.Inilah yang membuat sebagian petani yang pengahasilannya kurang dan yang lahan pertaniannya kurang jadi memberontak.seperti kata salah seorang warga yang kami temui sebut saja H.Rahmat asal RT 03 Dusun Timuk Rurung Desa Rensing Bat.Kalau begini terus tiap tahun ongkos buruh naik kita akan jadi kayak mereka ( Buruh Tani),yang miskin makin miskin yang kaya makin kaya.ungkapnnya sambil tertawa.
Disisi lain juga tepatnya pada hari jumat sore tanggal 02  Mei 2014 dalam acara pengajian bulanan Bapak Tuan Guru H.M.Yusuf Makmun di Masjid Nurul Islam Rensing Bat. dalam pengajian tersebut beliau mengulas keberadaan buruh tani dan ongkos serta cara kerja buruh tani.Katanya, Bukan saja pejabat tinggi pemerintahan saja yang bisa korupsi,Buruh tani juga banyak yang korupsi,mereka seharusnya keluar setengah jam sebelum waktu kerja di mulai,Tapi mereka keluar pas di waktu kerja,waktu istirahat yang tidak menentu,cara kerja tidak seperti keinginan majikan,pulang cepat padahal belum waktunya dan banyak lagi.yang begini inil adalah termasuk dalam korupsi Waktu,dan di dalam Agama islam semua ini adalah salah,Ungkapnya.Semua ini bukan saja di tempat tempat kita sering terjadi,di seluruh dunia korupsi waktu para pekerja adalah hal biasa.
Mudah mudah apa yang di sampaikan ini akan menjdi renungan kita semua yang juga mungkin sekarang menjadi buruh pada mereka yang membutuhkan tenaga kita dan mudah mudahan tidak terjadi pada kita… amin.  ( a-em )

No comments:

Post a Comment