Penomena Warga - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Sunday 8 June 2014

Penomena Warga



Ketika masuknya bulan waktu penanaman tembaku untuk warga Desa,Akan mulailah Penomena pergelutan di bagian irigasi.Di waktu panas mencengkam,sudah tentu juga air pada saluran irigasi akan kering.semua seperti tidak pernah di airi.Penomenanya adalah semua warga akan berebut di ketika musim penanaman tiba,baik itu waktu penanaman padi,jagung kacang lebih lebih di waktu penanaman Tembakau.
Oooh…. Yang kaya,siap bertarung seperti mereka sendiri ada uang untuk membayar untuk dapat mengairi persawahan luasnya.sedangkan yang miskin mengegek ketakutan bukan berarti takut beretarung dengan mereka.Tapi takutkan uang dan tak ingin bersalah sangka dengan mereka yang kaya.Penomena ini sudah lumrah di kalangan para petani warga desa,tidak ada lagi yang mau paling belakang,yang hulu apa lagi, yang hilir mereka seperti terlalu haus untuk segera ingin minum,walhal mereka yang miskin juga haus dan butuh seteguk belas kasihan para pengatur dan juga dari mereka yang rakus.
Egomu yang kaya sanggup menyumpah mereka yang inginkan kedamaian,Tidak pedulikan apapun kata mereka tidak lagi bermakna dan persetan dengan kata orang asalkan keinginan terlaksana,itulah kadang kadang yang sering mereka ungkapkan.
Yang menjadi pertanyaan kita sekarang, di mana mereka para penguasa,Adakah penomena ini akan kita biarkan berlarut sampai ke anak cucu kita…?.Tidakkah kita malu dengan apa kata mereka di luar sana?.Nama baik sebuah Desa yang di kenal lugu akankah kita biarkan ternoda dengan keegoan dan kerakusan mereka yang ingin menang sendiri…?.Ooooh tidak kata kami yang peduli dan tak mau di dengar.

No comments:

Post a Comment