Peran warga dalam upaya Keamanan dan Ketertiban - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Friday 27 February 2015

Peran warga dalam upaya Keamanan dan Ketertiban

Era Globalisasi sekarang ini, membuat perubahan dalam pola fikir dan pola hidup manusia, menjadi konsumtif. Perilaku konsumtif ini membuat manusia bersifat merasa tidak pernah cukup akan harta benda yang telah ia miliki. Sehingga ada kecenderungan untuk memiliki harta benda milik orang lain. Dengan berbagai cara, salah satunya dengan mencuri. Tentunya tanpa seizin pemilik harta benda tersebut.
Sehingga apabila kegiatan pencurian tersebut sudah terjadi Maka, pemilik harta benda tersebut akan mengalami kerugian secara materil. Serta akan mengalami kesulitan untuk mencari tahu siapa pelakunya. Untuk mengatasi hal tersebut Dalam lingkungan masyarakat sudah dibentuk Suatu sistem keamanan lingkungan Siskamling,yang melibatkan unsur penduduk, untuk melakukan pengawasan,terhadap kegiatan pencurian dilingkungannya.
Menjaga keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang baik. Salah satu bagian terpenting dalam pemeliharan  keamanan lingkungan adalah peran serta masyarakat. Dalam hal ini bentuk partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan diwujudkan dalam bentuk Sistem Keamanan Lingkungan. Siskamling dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan moral dan disiplin warga. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat lepas dari interaksinya dengan manusia lain.  Dalam interaksinya dengan manusia lain, maka tercipta suatu masyarakat dan suatu peradapan serta kebudayaan manusia yang didalamnya terdapat nilai-nilai yang mendasari dan menuntun tindakan-tindakan dalam hidup bermasyarakat. sekarang tinggal kita yang menentukan untuk ikut berpartisipasi dalam kontek menjaga keamanan dan ketertiban desa kita tercinta ini ataukah tidak sama sekali. (a_em)

No comments:

Post a Comment