Kursus Tani, Membangun Kemandirian Petani - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Tuesday 3 January 2017

Kursus Tani, Membangun Kemandirian Petani


Kursus Tani yang di selenggarakan dengan sederhana namun punya tujuan dan manfaat yang luar biasa untuk para petani terutama petani yang bada di Poktan Sinar Tani Desa Rensing Bat.Keterbatasan Kemampuan dalam hal bertani secara modern membuat pengurus kelompok Tani Sinar Tani mengadakan Kursus Tani untuk anggotanya.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan pendidikan dan latihan bagi petani melalui Kursus Tani. Dalam Peraturan Menteri Pertanian No. 52 Tahun 2009 disebutkan Kursus Tani merupakan proses belajar mengajar bagi pelaku utama, beserta keluarganya yang diselenggarakan secara sistematis, teratur dan dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan, kecakapan, sikap dan pengalaman petani.
Kegiatan Kursus Tani sangat diperlukan jika masalah tersebut benar-benar menuntut perubahan perilaku petani. Selain itu, untuk memperoleh jawaban dan penanganan masalah yang timbul. Artinya, dengan Kursus Tani diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang timbul dalam usaha tani, menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menumbuhkan sikap positif dan kreatifitas serta mengembangkan sikap kepemimpinan petani.
Dalam kegiatan Kursus Tani perlu menggunakan lebih dari satu jenis metode. Jumlah peserta Kursus Tani berkisar antara 20-30 orang. Waktu pelaksanaannya disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Setelah kegiatan kursus berlangsung perlu dilakukan bimbingan lanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan Kursus Tani memberikan manfaat bagi pesertanya.

No comments:

Post a Comment