Begabah Padi di Lombok - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Monday 18 March 2019

Begabah Padi di Lombok

GEMADARUSSALAM - Begabah atau merampek adalah bahasa sasak Lombok yang di gunakan oleh sebagian besar masyarakat lombok yang maksudnya adalah perontokan padi dengan cara di pukul-pukul di atas papan yang di buat khusus berbentuk miring untuk memudahkan perontokan bulir padi.

Sekarang oleh sebagian besar masyarakat lombok, begabah di era serba canggih ini juga dilakukan menggunakan mesin perontok yang sengaja di rakit khusus untuk kemudahan, pengerjaan pemanenan padi yang sebelumnya membutuhkan waktu  sehari dalam 20 are akan tetapi menggunakan mesin pemanenan bisa di lakukan kurang dari sehari.

Begabah atau panen padi bagi sebagian besar masyarakat Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur merupakan hal yang rutin dilakukan setiap sekali dalam setahun. Padi atau beras merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohirat penyedia tenaga bagi tubuh manusia. Beras merupakan produk olahan dari biji-bijian bernama Padi atau dalam bahasa sasak lombok di sebut "Pare atau Gabah", setelah melalui proses demi proses maka, dihasilkan beras.

Padi memiliki nama latin Oryza sativa merupakan tanaman penting dalam kehidupan manusia. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan dibawa oleh nenek moyang kita pada saat bermigrasi dari daratan Asia sekitar 1500 sebelum masehi.

Berdasarkan informasi, Padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam kehidupan terutama para petani. Dengan padilah manusia bisa hidup sebagai makanan pokok terutama bagi sebagian besar masyarakat indonesia dari sabang sampai maraoke.

No comments:

Post a Comment