Dampak Internet untuk perkembangan anak - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Monday 11 March 2019

Dampak Internet untuk perkembangan anak

GEMADARUSSALAM - Perkembangan zaman yang semakin maju membuat banyak orang pintar dan mengenal banyak hal tentang kemajuan dunia, kemajuan itu ternyata di picu dengan adanya internet yang berbasis global, hari ini ternyata bukan saja orang dewasa yang mengenal tentang kemajuan zaman tersebut, tetapi anak-anak di atas umur 4 tahun pun sudah mengenal yang namanya kemajuan zaman, ini terlihat dengan banyaknya anak-anak yang seharusnya bermain kejar kejaran di halaman rumah ternyata sudah bisa mengotak atik internet lewat HP abdroid milik orang tuanya.

Ada pertanyaan yang tentunya di hadirkan oleh orang-orang tentang apa yang mereka lihat hari ini, anak-anak di bawah umur yang seharusnya berada di teras rumah bermain dan belajar menulis tapi ternyata memainkan HP android layaknya orang dewasa yang sudah paham benar tentang dunia internet. Apa yang di cari dan di lihat oleh anak anak ini dalam internet tersebut?. Dari peninjauan penulis di salah satu tempat layanan internet gratis di temukan, dari 7 orang anak ternyata 5 di antaranya memainkan game mobil ligend yang langsung connect dengan jaringan internet dan 2 di antaranya menonton permainan tembak menembak di aplikasi youtube.

Seharusnya orang tua mengarahkan anak-anak mereka pada hal-hal positif ketika anak-anak ini sudah bisa mengaplikasikan internet, ada banyak permainan yang mengarah kepada bagaimana anak-anak bisa bermain sambil belajar yang ada di dalam layanan internet tersebut, kita sebagai orang tua bisa mendownloadkan anak-anak di playstore aplikasi permainan sebagai tempat mereka belajar sambil bermain. Ada banyak jenis permainan yang di antaranya, mengaji sambil bermain, mengenal huruf hijaiyah sambil bermain, berhitung sambil bermain dan banyak lagi permainan-permainan yang bisa kita arahkan anak-anak kita agar tidak hanya tau bermain pada hal yang tidak bermanfaat tetapi pada hal yang bermanfaat pada perkembangan dan kemajuan anak.

Di era serba internet ini, kita sebagai orang tua harus terus bisa menjaga keseharian dan perkembangan anak, jika itu tidak kita lakukan maka yang rugi adalah kita sendiri sebagai orang tua, hal-hal yang baiklah yang seharusnya kita terapkan dan kita ajarkan pada anak-anak kita, waktu belajar dan bermain seharusnya betul-betul kita perhatikan agar anak kita tidak terlena dengan kemajuan yang ada di dalam internet itu sendiri.

Internet juga sangat penting untuk di ajarkan pada anak anak, internet yang di maksud adalah internet sehat yang mampu memberikan nilai positif pada perkembangan anak, seperti yang di sampaikan di atas, jika internet kita arahkan pada yang bermanfaat maka yang di dapat juga sangat bernanfaat pada pengetahuan yang di miliki oleh anak.

Di luar sana , banyak sekali orang-orang pinter mulai membuat penelitian tentang bagaimana dampak dari penggunaan internet yang terus menerus tanpa harus memikirkan epek dari penggunaannya dan selalu adanya pengaruh kepercayaan pada internet semata, seakan internet yang menjadi guru dari segala keinginan yang akan kita lakukan dan selalu menjadikannya pemecah masalah di saat sulit menemukan solusi dari suatu masalah. Entahlah betul tidak apa yang di katakan mereka ini.

Penelitian yang dilakukan untuk menandai Hari Internet Aman juga menyebutkan lebih dari satu di antara lima orang menghadapi intimidasi di internet. Itukan buktinya, kalau sudah terintimidasi dengan internet berarti sudah jelas banyak orang yang sudah terlalu berharap banyak pada internet. Allohuallam

Hari Internet Aman yang ditetapkan pada 9 Februari secara global ditujukan untuk mengkampanyekan penggunaan internet secara aman dan bertanggung jawab.

Untuk itu mari kita sama sama kompayekan itu agar kita aman dan nyaman dalam menggunakan internet

No comments:

Post a Comment