Makanan Tradisional Lombok, Kue Bantal yang Gurih - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Sunday 10 March 2019

Makanan Tradisional Lombok, Kue Bantal yang Gurih

GEMADARUSSALAM - Di postingan - postingan sebelumnya, admin banyak mengulas tentang makanan tradisional khas Lombok  seperti Keciput, pelecing, beberok, Nasi kaput dan pesor. Kali ini admin kembali dengan postingan tentang kue khas lombok yang tak kalah enaknya dengan makanan sebelumnya yang tentunya perlu untuk di coba, Makanan tersebuat adalah Kue Bantal.

kue bantal, begitulah biasanya masyarakat di Lombok Timur menyebut makanan yang satu ini. Disebut kue bantal karena tampilannya yang mirip dengan bantal tidur.

Meski tampilannya mirip kue lepet yang ada di jawa, kue bantal tidak sama. Perbedaan yang mencolok adalah isinya. Jika lepet hanya berisikan ketan, tapi kue bantal berisi buah pisang.

Bahan untuk membuat kue bantal berupa beras ketan, parutan kelapa, daun kelapa muda/janur sebagai pembungkus, lidi sebagai pengikat ujung janur dan tali, tali yang di gunakan bisa dengan tali dari irisan bambu dan bisa juga dengan tali dari bahan pembuat karung yang sudah di pilah.

Adapun cara membuat kue bantal ini adalah, menggunakan beras ketan yang sudah dicuci bersih, di aduk parutan kelapa muda tersebut serta bubuhkan sedikit garam kemudian dibungkus dengan janur kemudian di tengahnya diberi pisang.

Bungkusan kue bantal yang sudah dibumbui dan diberi isi tersebut kemudian direbus sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, bungkusan kue bantal itu akan mengembang setelah matang benar-benar menyerupai bantal tidur.

Kue bantal rasanya cukup gurih. Rasa gurih itu datang dari ketan dan juga parutan kelapa muda, Sedangkan kue bantal yang berisi buah pisang ditengahnya, rasanya gurih bercampur manis.

Kue bantal di Pulau Lombok banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Bahkan, di wilayah Lombok Timur, khususnya di daerah kecamatan Sakra Barat, kue bantal banyak di jual di pasar rensing dan pinggir-pinggir jalan.

Harga kue bantal relatif murah. Satu ikat kue bantal yang terdiri dari 10 biji ditawarkan dengan harga kurang lebih Rp 20 ribu. Nah, bagi anda yang berkunjung ke Pulau Lombok, silahkan mencoba mencicipi makanan ini dan bisa juga di bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga tersayang.

No comments:

Post a Comment