Pemuda Gubuk Madrasah Rensing Bat peduli Kamtibmas - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Tuesday 26 March 2019

Pemuda Gubuk Madrasah Rensing Bat peduli Kamtibmas

GEMADARUSSALAM - Pemuda rukun tetangga gubuk madrasah dusun rensing bat desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat sejak dua minggu lalu aktif melaksanakan ronda, kegiatan ronda yang dilaksanakan murni inisiatif dari pemuda dan masyarakat sekitar rukun tetangga gubuk madrasah. peduli akan keamanan dan ketentraman lingkungan menjadi salah satu faktor pelaksanaan kegiatan ronda ini dilaksanakan dan juga atas dukungan masyarakat untuk mengaktifkan kembali kegiatan ronda setelah kegiatan yang diadakan pemerintah desa tidak lagi seaktif di awal pelaksanaannya.

Pernyataan ini di sampaikan oleh salah seorang masyarakat dan tokoh pemuda yang juga salah satu penggerak kegiatan ronda pada setiap malamnya, dedi setiawan saat di konfirmasi pemberita senin, 25/3/2019.

Dedi selanjutnya menjelaskan, Pelaksanaan ronda sebelumnya kami bersama anak-anak muda gubuk madrasah  membangun berugak / posko sederhana di depan jalan desa yang lokasinya cukup strategis sebagai tempat kami bertemu dan berkumpul setelah melaksanakan patroli keliling, kegiatan ini alhamdulillah di dukung sepenuhnya oleh masyarakat dan ketua RT dan Kepala dusun.



"Masyarakat juga siap membantu kami dengan dana perbulannya walau tidak seberapa namun itu sebagai tanda bahwa masyarakat juga mau ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, mereka tidak hanya sekedar menjadi penonton namun ada rasa peduli dengan pentingnya menjaga kamtibmas" terang dedi.

"Sebagai salah satu bentuk peduli pada keamanan lingkungan, semua harus mendukung dan membantu kelompok ronda ini dengan memberikan mereka semangat terutama dana sebagai pengisi perut saat pelakanaan ronda, kami menjalankan sistem bergiliran dan sistem denda bagi mereka yang tidak hadir, pengkordiniran kegiatan ini kami serahkan pada anak-anak muda langsung sebagai penanggungjawab yang di bantu pemuda yang lebih senior, mudah mudahan kegiatan ini akan terus berjalan sesuai harapan, tutupnya.

Sementara itu, kepala dusun rensing bat Muhammad Yasin saat di temui selasa, (26/3)sangat mengapresiasi kegiatan ronda yang dilaksanakan masyarakat sekitar gubuk madrasah yang mau peduli dengan kamtibmas, kesadaran yang seperti inilah yang seharusnya kita laksanakan oleh semua masyarakat desa rensing bat, bukan hanya menunggu pihak pemerintah menggerakkan walau yang sebenarnya harus seperti itu, terang yasin singkat.

"Pencurian yang sering terjadi beberapa waktu lalu yang membuat ketidak nyamanan masyarakat menjadi salah satu keinginan kami membentuk kelompok ronda, sebenarnya kami tidak mengharapkan apa-apa dari pemerintah desa ataupun masyarakat, karena ini sudah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan kita", ini disampaikan salah sorang pemuda sebut saja Fahrurrozi saat bincang sore di berugak/posko sabtu, 24/3/19.

Berharap teman - teman akan terus semangat dan istiqomah dalam pelaksabaan robda ini tidak putus di tengah jalan, harap oji  mengakhiri bincang sore hari itu.

No comments:

Post a Comment