Peringatan Isro' Mi'raj 1440 H. di Rensing Bat - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Monday 1 April 2019

Peringatan Isro' Mi'raj 1440 H. di Rensing Bat

GEMADARUSSALAM - Peringatan Isra' Mi'raj dilaksanakan hari ini Ahad tanggal 24 Rajab 1440 H. bertepatan dengan tanggal 31 Maret 2019 bertempat di Masjid Nurul Islam Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur.

Acara Pengajian peringatan tersebut di hadiri oleh Lima orang tuan guru sebagai penceramah yakni, TGH.M.Yusuf Makmun, DR.TGH.Said Gazali, MA, TGH.Abdul Kholiq Saleh, S.Pd.I, TGH. Hulaimi, LC, MA dan TGH.Ahmad Baihaqi, LC.

Selanjutnya kelima tuan guru secara bergantian mengisi pengajian di hadapan ratusan jamaah yang hadir.


"Mari perbanyak membaca Istigfar   sebanyak-banyaknya ajak tuan guru H.Abdul Khaliq saleh dalam pengajiannya.

Isra’ dan Mi’raj sendiri menurut beberapa riwayat terjadi pada malam 27 Rajab tidak lama selepas wafatnya isteri Rasulullah SAW, Saidatina Khadijah r.a. dan pamannya AbuTalib, peristiwa ini merupakan satu perjalanan kilat Rasulullah SAW pada sebahagian malam atas kekuasaan dan kehendak Allah SWT dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa, kemudian naik ke langit sampai ke Sidratulmuntaha, bahkan ke Mustawa dan sampai di bawah Arasy Allah dengan menembusi tujuh lapisan langit, lalu kembali ke Mekah pada malam yang sama.

Dalam Al qur'an Allah SWT dalam surat Al Isra’ ayat 1 menjelaskan yang artinya " Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami barkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebahagian daripada tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."


Peristiwa isra’ mi’raj ini adalah peristiwa dimana Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat lima waktu yang merupakan suatu bentuk ibadah yang begitu penting di dalam kehidupan seseorang hamba Allah SWT Kewajiban solat diterima langsung oleh Nabi Muhammad SAW dari pada Allah sewaktu bertemu Allah pada malam Mi’raj tanpa perantaraan malaikat Jibril.

No comments:

Post a Comment