Tembakau Membawa berkah - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Friday 19 July 2019

Tembakau Membawa berkah

GEMADARUSSALAM_Tembakau bagaikan urat nadi bagi masyarakat Rensing Bat, pasalnya buah hasil dari tanaman tembakau inilah sebagian besar masyarakat rensing bat bisa menghidupi keluarga, anak-anak bisa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, Keadaan ekonomi bisa berubah dari keterpurukan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tembakau banyak membawa berkah terutama bagi masyarakat kurang mampu, dari persiapan menjelang penanaman hingga panen banyak membutuhkan tenaga upah yang tentunya memberikan berkah bagi mereka yang sangat membutuhkan belanja kebutuhan makan sehari-hari.

Di musim tembakau, sawah-sawah di wilayah Rensing Bat seakan tak pernah sepi dari pemilik dan buruh upah yang sedang bekerja memelihara memberikan perawatan secara maksimal untuk bisa mendapatkan hasil yang di hatapkan, pagi dan sore mereka berada di tengah-tengah lebatnya si daun hijau tembakau yang mereka andalkan.

Banyak perubahan yang sangat signifikan terlihat buah hasil dari penjualan tembakau, mereka membangun rumah bertingkat, menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi, menunaikan ibadah haji ke tanah suci makkah dan membeli barang-barang kebutuhan lainnya,  jerih payah selama hampir 5 bulan dari semenjak tanam hingga panen terbayar sudah dengan hasil yang di dapat.

Berkah juga di dapat oleh mereka yang tidak menanam karena ketiadaan lahan, menjadi buruh upah adalah jalan untuk bisa mendapatkan rizki dari tembakau yang mereka tanam. Terbukanya lapangan kerja bagi mereka yang sebelumnya menjadi pengangguran, mulai dari orang tua, pemuda bahkan anak-anak juga bisa merasakan berkah dari hijaunya si daun tembakau.

Masyarakat banyak berharap darinya, ada banyak perubahan dari segi ekonomi pada keberlangsungan kehidupan masyarakat oleh adanya tembakau ini, kemarin terpuruk karena penghasilan yang jauh dari  cukup, kini  seakan tembakau merubah segalanya, Alhamdulillah berkah tembakau memberikan perubahan ekonomi merubah segalanya.

No comments:

Post a Comment