Ngandang Dulang Tanda Ucapan Kesyukuran di Hari Adha - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Saturday 10 August 2019

Ngandang Dulang Tanda Ucapan Kesyukuran di Hari Adha

GEMADARUSSALAM_Hari Raya Idul adha selalu di nanti,  Gema takbir ketika pagi mulai menyinsing terdengar dari corong-corong masjid maupun mushalla, indah menggegarkan kalbu, teringat ribuan tahun lalu kisah nabi Ibrahim alahissalam ketika beliau di printahkan oleh Allah SWT untuk menyembeluh anak kesayangannya Ismail.

Hari ini di setiap tanggal 10 Hijriah di setiap tahunnya, umat islam seluruh dunia memperingatinya dalam hajat yang di kenal dengan idul Qurban atau idul adha. Ketaatan iman nabi ibrahim masa lalu di uji oleh allah, namun seketika anaknya yang ia sayangi di ganti dengan seekor kambing untuk beliau sembelih dan tradisi itulah sampai ke hari ini menjadi amalan sunnah bagi kaum muslimin umat nabi akhir zaman yaitu Muhammad rasulallah.

Gema takbir di hari qurban terus bergema, hewan hewan qurban di potong untuk di bagikan dagingnya pada mereka umat islam yang berhak menerimanya, tidak ada kaya dan tidak ada yang miskin kita adalah kaum muslimin satu keluarga yang beriman tiada beda di hadapan allah SWT.

Pagi yang penuh gembira, umat islam berkemas rapi melangkahkan kaki menuju rumah allah untuk melaksanakan perintahNya untuk shalat sunat idul adha sebagai tanda kesyukuran dalam kebahagiaan mengucap salam maaf antar sesama

Tanda kesyukuran bukan hanya pada salam dan ucapan maaf, namun kesyukuran itu di luahkan pada kegembiraan Yang di inplementasikan dalam tradisi unik yaitu "Ngandang dulang" begibung menerima rizki berupa makan makanan yang sudah di siapkan jamaah bini untuk di santap bersama setelah pelaksanaan shalat sunat Qurban.

Kegiatan ngandang dulang merupakan tradisi turun temurun yang sudah melekat erat dalam kehidupan beragama sebagai bagian dari ucapan syukur penuh berkah,  tradisi itu masih utuh di genggam erat masyarakat rensing bat kecamatan sakra barat kabupaten lombok timur, tradisi wajib sebagai bagian akhir dari sambutan perayaan tahunan baik idul fitri maupun idul adha yang tentunya sulit untuk di lupakan. Seperti yang dilakukan jamaah mushalla darussalam gubuk madrasah desa rensing bat kecamatan sakra barat pada perayaan idul adha tahun 1440 hijriah Ahad, 11 Agustus 2019 hari ini.

Jamaah mushalla memenuhi ruang mushalla dari pagi untuk melasanakan shalat sunad idul qurban yang dilanjkutkan dengan tradisi ngandang dulang secara berjamaah baik oleh jamaah laki, bini, pemuda maupun anak anak. alhamdulillah kebersamaan dan kekompakan dalam bingkai kesyukuran bisa di rasakan begitu utuh tanpa mengenal kaya maupun miskin.


No comments:

Post a Comment