Peran Pemuda Dalam Upaya Memajukan Desa - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Wednesday 12 February 2020

Peran Pemuda Dalam Upaya Memajukan Desa


GEMADARUSSALAM_Banyak persoalan yang serius dalam pembangunan desa adalah kurangnya sumber daya manusia yang terbilang bisa di andalkan di desa masih dibilang minim yang disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu isu yang paling disorot selama beberapa dekade adalah tingginya angka urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota, Banyaknya anak-anak muda yang merantau ke luar negeri,  terutama kalangan anak muda.
Pemuda lebih memilih mengadu nasib ke kota atau luar negeri daripada menggali potensi di desanya. Hal ini menyebabkan kurangnya SDM di desa yang lebih produktif, kreatif, dan inovatif. Selain itu, desa juga dinilai kurang memberikan banyak pilihan pekerjaan bagi penduduknya karena berbagai keterbatasan. Misalnya, sebagian besar penduduk desa masih bertumpu pada sektor pertanian dalam kegiatan perekonomiannya. Pada akhirnya, penduduk desa harus mencari lapangan pekerjaan di tempat lain ataupun merantau ke luar daerah/luar negeri untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.
Jika menilik lebih dalam, sumber daya manusia merupakan kunci yang dapat mengembangkan potensi-potensi desa terutama untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pengelolaan SDM merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap perusahaan, termasuk BUMDes. Sebab, baik pengelola, manajemen maupun karyawan adalah penggerak kegiatan usaha yang harus bekerja secara profesional. Masalahnya, ketersediaan SDM di desa yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pengembangan BUMDes sangatlah terbatas. Bahkan, tidak hanya terbatas dari sisi kuantitas, akan tetapi juga terbatas dari sisi kualitas.
Jika memang kondisi SDM terbatas, sebaiknya BUMDes mulai melakukan pendekatan dan komunikasi terbuka terhadap anak muda. BUMDes harus mampu menangkap keinginan anak muda, dan memberikan ruang untuk kreativitas pemuda. BUMDes harus mampu melibatkan pemuda desa untuk aktif dalam kegiatan BUMDes, selain untuk menuangkan kreativitas, juga untuk mewujudkan kontribusi nyata di desanya.
Menciptakan peluang yang menarik bagi anak muda adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk merangkul anak muda. Mengajak pemuda untuk kembali aktif dan mau berpartisipasi seharusnya dapat menjadi alternatif bagi desa. Desa sudah sepatutnya berani menjanjikan masa depan bagi pemuda, dan pemuda dapat menjadikan desa sebagai prioritas utama. Karena masa depan desa diawali oleh kreatifitas pemudanya. Pemuda Desa adalah aset terbesar bagi desa untuk terus berkembang dan bergerak maju ke depannya


No comments:

Post a Comment