Petani Rensing Bat, Antara Tradisional dan Modern - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Wednesday 12 February 2020

Petani Rensing Bat, Antara Tradisional dan Modern

Poto petani desa yang masih menggunakan alat tradisional sa'at panen padi

GEMADARUSSALAM.COM_Desa Rensing Bat adalah desa petani, Sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian. Pekerjaan sebagai petani yang mengurusi kelangsungan hidup masyarakat Desa Rensing Bat. Dengan bertani masyarakat desa Rensing Bat memiliki martabat yang tinggi dan bisa berpenghasilan lebih dari sebelumnya.
Yang dikenal sebagai petani oleh sebagian orang yang belum paham tentang jasa petani adalah orang yang lanjut usia, kumel, bau, kotor, dan tidak berpendidikan. Mari kita tengok bagaimana keadaan petani di negara maju. Sebagian besar petani yang ada di luar negeri atau di negara maju merupakan petani yang memiliki lahan sangat luas.
Pemerintahan setempat yang mencurahkan perhatian penuh kepada sektor pertanian karena menurut banyak negara maju, pangan dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi masalah yang krusial dan bukan tidak mungkin akan menjadi rebutan bagi negara-negara di dunia.
Pengadaan teknologi pertanian yang mereka gunakan tergolong modern, Sedangkan di sini masih belum mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga dalam proses produksi pertanian kerap dirasa kurang efektif dan efisien. Kurangnya penyuluhan kepada sebagian besar petani desa terutama di desa rensing bat dan sebagian besar di wilayah kabupaten Lombok Timur mengakibatkan hasil panen yang kerap tidak memuaskan.
Banyak yang perlu dibenahi kaitannya dengan proses cara bertani yang benar untuk bisa mendapatkan hasil yang melimpah, masih kurangnya kesadaran masyarakat akan sistem yang sering di sosialisasikan kaitan dengan cara tanam SRI misalnya, Masyarakat masih lagi menggunakan cara tradisional, dengan demikian hasil yang di dapat juga tidak sesuai dengan hasil yang di inginkan.
Pertanian tradisional merupakan suatu kegiatan yang sudah lama dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia yang erat kaitannya dengan bercocok tanam. Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris memiliki subsektor pertanian yang cukup menjanjikan.
Di Indonesia faktor pendukung yang ada sangat penting untuk kemajuan bidang pertanian seperti kondisi Iklim yang teratur, curah hujan, aliran air serta kondisi tanah yang subur menjadi kekayaan tersendiri yang dimiliki negara Indonesia.  Keadaan geografis yang baik dan mendukung menjadikan kegiatan bertani sejak zaman dahulu dipilih sebagai mata pencaharian utama bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment