Hujan Jarang Turun, Sawah Padi Petani Desa Mulai Mengering - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Saturday 21 March 2020

Hujan Jarang Turun, Sawah Padi Petani Desa Mulai Mengering


GEMADARUSSALAM.COM_Puluhan hektar sawah padi petani bagian selatan desa Rensing Bat terutama yang ada di 3 dusun yakni Dusun Rensing Bat, Tembok Gading dan Timuk Rurung terancam kekeringan, Pasalnya hujan sejak beberapa hari tidak pernah turun.


“Air dari dam Pandan Duri yang di harapkan masih terlalu lama untuk bisa sampai ke tempat kami, Maklum tempat kami yang jauh dari sumber air. Sistem gilir/berjadwal yang di terapkan pihak pengelola dam pandan duri masih belum bisa maksimal akibat dari sedikitnya jadwal waktu yang di berikan untuk setiap P3A” Ujar Amaq angga salah seorang petani dari dusun Tembok Gading sa’at bersama media ini Sabtu, 21/03/2020 di areal persawahannya.

Senada yang disampaikan H.Ayub petani asal dusun Timuk Rurung yang mengatakan, Jarangnya turun hujan disa’at padi sedang bunting akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan padi, “Saya selalu berharap ke depan akan ada hujan turun dan ada air yang dialirkan dari pandan duri untuk menyelamatkan padi-padi kami, Kadang sering terlihat mendung di sore hari, namun tak pernah bisa menjadi hujan” Ujar H. Ayub singkat.

Baca juga : Pagi itu, Ketika Melihat sawah padi petani desa                   

Sementara itu, Ketua pengurus P3A M. Yasin sa’at di hubungi media ini via Hp pada Ahad, (22/03) menjelaskan, Air yang di alirkan dari dam pandan duri selalu ada setiap hari, namun kuotanya tidak banyak, air yang ada hanya mampu mengairi beberapa petak sawah, itupun dalam waktu singkat. Sebenarnya ungkap yasin, Setiap minggu ada jadwal kedatangan air dari Dam pandan duri, Sesuai jadwal kami akan menerima 2 sampai 4 waktu atau sehari semalam, namun airnya datang tidak seperti yang di harapkan, hanya cukup untuk beberapa hektar saja.

Kami akan terus berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhan para petani, lebih-lebih sekarang sebagian besar padi sudah mulai bunting dan sangat membutuhkan banyak air untuk membantu pertumbuhannya, Kami berharap kepada para petani untuk bisa bersabar untuk kita bisa selesaikan masalah ini, Tutup Yasin.

No comments:

Post a Comment