Ares, Kuliner Khas Lombok dari Batang Pohon Pisang - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Saturday 27 June 2020

Ares, Kuliner Khas Lombok dari Batang Pohon Pisang

GEMADARUSSALAM.COM - Ares adalah kuliner khas Lombok yang bahan bakunya berasal dari batang pohon pisang muda yang di iris kecil dan nipis. Lauk atau sayur ares biasanya banyak di jumpai ketika masyarakat Lombok menggelar gawe adat seperti, Pernikahan, Selamatan ketika akan pergi menunaikan haji, Khitanan dan acara-acara adat sasak lainnya.

Kuliner yang satu ini tergolong unik dengan cita rasa yang khas setelah di masak dengan di bubuhi santan dan bumbu-bumbu lain. Keunikan masakan asli lombok ini merupakan kuliner yang mesti ada ketika pelaksanaan gawe adat di lombok.

Untuk menjadikannya lauk, pohon pisang yang sudah di iris tersebut terlebih dahulu di cuci bersih dan di pres agar air dan getah yang terkandung di dalamnya tidak terasa pahit.

Batang Pohon pisang yang digunakanpun bukan sembarang pohon, Batang pohon pisang harus lembik, tidak pahit dan tidak banyak getahnya. Biasanya, batang pohon seperti ini sekarang sudah jarang di jumpai, Batang pohon pisang sabe dan batang pisang batu adalah yang biasanya memiliki tekstur lembik dan sangat baik untuk di jadikan lauk/sayur ares.

Banyak orang luar lombok yang pernah mencicipi rasa dari lauk ares ini, Mereka mengaku sangat menyukainya, sangat enak dan rasanya seperti daging ayam yang di masak empuk yang memiliki tekstur lembut.

Keunikan dengan rasa khas yang di miliki ares alias batang pohon pisang ini membuat lombok banyak di kenal wisatawan manca negara, disamping juga dikenal dengan destinasi wisatanya yang indah, memukau mata memandang dangan panorama pantainya yang luas dan pegunungannya yang hijau.

Banyak juga restoran yang menyajikan ares sebagai kuliner khas mereka dalam rangka memperkenalkan lombok ke wisatawan luar negeri. Ini dapat dibuktikan dengan banyaknya berita dan postinga gambar kuliner berbahan batang pohon pisang ini yang di upload di media sosial seperti, Blog, Facebook, Twitter dan media elektronik lainnya.

Bagi anda di luar sana yang belum mencoba masakan khas lombok yang bernama ares ini, bisa mencobanya dengan datang berwisata ke lombok dan di jamin ketagihan. .Selamat mencoba


No comments:

Post a Comment