Petani - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Saturday 20 June 2020

Petani

Gambar ilustrasi dari google
GEMADARUSSALAM.COM - Petani adalah orang yang bekerja di bidang pertanian, yang memiliki sebidang tanah atau lebih untuk menanam tanaman yang bisa di makan, di jual pada orang lain dengan harapan juga apabila hasil pertanian tersebut bisa mendatangkan hasil untuk kebutuhan pribadi maupun orang lain.

Petani banyak jenis dan ragamnya, ada petani padi, tembakau, cabe dan lain sebagainya, petani akan berada di sawah untuk mengerjakan ataupun mengolah areal pertaniannya dengan cara di cangkul, di bajak menggunakan mesin dan juga bisa menanam langsung bila arealnya memungjinkan untuk tidak di olah terlebih dahulu dengan sebab areal tersebut bersih, bisa di tanami tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

Banyak orang memiliki tanah pertanian namun tidak terjun langsung menjadi petani, melainkan bekerjasama dengan petani tulen seperti buruh tani yang di upah sesuai dari hasil kerjanya.

Pertanian kalau di artikan secara rinci memiliki makna yang sangan luas, pertanian adalah sumber utama pangan bagi kehidupan rakyat Indonesia maupun di seluruh dunia, dari kerjakeras petanilah  semua kebutuhan bisa terpenuhi.

Di zaman modern sekrang ini, terlihat banyak masyarakat yang tidak ingin terjun ke dunia pertanian dikarenakan jika bicara pertanian identik dengan kotor dan lumpur.

Bicara untung, sebenarnya menjadi petani jika ada areal pertanian hasilnya tak kalah dengan propesi lain yang memiliki gaji lumayan, satu contoh bila kita menanam tembakau yang harganya bisa mencapai puluhan juta pada areal 1 hektar ketika harga sedang tinggi.

Untung rugi merupakan sipat usaha yang wajib di temui para pengusaha hingga petani.

No comments:

Post a Comment