Operator SIKS-NG Desa Se Lotim di Bimtek - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Friday 17 July 2020

Operator SIKS-NG Desa Se Lotim di Bimtek

GEMADARUSSALAM.COM - Operator desa untuk aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Nexs Genaration (SIKS-NG) Kementerian Sosial Repebulik indonesia Lombok Timur pada hari Jumat,17/7/2020 di berikan Bimbingan Tekhnis cara penggunaan dan pendataan masyarakat miskin di setiap desa.

Acara tersebut di gelar di Aula Kantor bupati Lombok Timur yang adi hadiri Sekda Lombok Timur H.Juaini Taufiq, Kepala dinas Sosial lombok timur H. Ahmat, sekretaris Dinas sosial, kabid penanggulangan kemiskinan, TKSK se lombok timur dan 254 operator desa se Lombok Timur.

Pelaksanaan Bimtek tersebut dimaksudkan untuk memantapkan penggunaan aplikasi SIKS-NG dalam pengolahan data di desa dalam memverifikasi jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Lombok Timur agar tidak salah sasaran.

Penggunaan aplikasi ini juga akan sangat membantu dalam pengolahan data miskin terutama di setiap desa di Indonesia khususnya di lombok timur.

Operator desa yang akan melakukan pendataan di beri tenggang waktu 2 minggu sampai tanggal 30 Juli untuk melakukan verval data baik usulan baru untuk DTKS maupun penghapusan data bagi masyarakat yang sudah mampu yang berada di dalam aplikasi.

Kabupaten Lombok Timur menjadi salah satu kabupaten yang angka kemiskinanannya tinggi se Indonesia sperti yang di sampaikan Kadis Sosial saat Bimtek Opdes kemarin. Melihat hal tersebut, pihak Dinas Sosial mengambil langkah cepat untuk melakukan verval dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada pada setiap desa yang akan dilakukan oleh operator desa dengan mengacu pada data yang di berikan oleh RT dan kadus  di masing masing dusun sehingga data tersebut akan akurat dan tidak lagi membengkak dan salah sasaran ketika ada bantuan, ini disampaikan kepala dinas sosial H.Ahmat saat menyampikan sambutan pada Bimtek yang di gelar Jumat, (17/7) kemarin.

Sebelumnya juga Sekda Lombok Timur H.Juaini Taufiq juga berharap kepada operator desa waktu sedikit ini betul betul di gunakan sebaik baiknya untuk melakukan verval data, waktu sedikit biasanya kita akan lebih fokus untuk melakukan kerja dan nilainya akan lebih maksimal di bandingkan dengan waktu yang panjang tapi hasilnya kurang maksimal, terangnya

Sekda juga berpesan, Ada 2 hal yang sangat penting dalam melakukan kerja dalam pendataan ini yakni, Fokus dan semagat yang insyallah akan mendapatkan hasil yang baik.

Banyak lagi penjelasan yang di sampaikan Sekda kaitannya dengan data pada kementerian sosial terutama di lombok timur yang semuanya perlu di sterilkan oleh kita semua.

No comments:

Post a Comment