Tradisi Ngandang Dulang di tengah Pandemi di Darussalam - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Friday 31 July 2020

Tradisi Ngandang Dulang di tengah Pandemi di Darussalam

gemadarussalam.com - Pekaksanaan Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi corona sekarang tidak menyulitkan semangat jamaah untuk berbagi rizki, banyaknya dulang makanan yang di naikkan ke masjid darussalam juga tak lepas dari semangat jamaah yang ingin berbagi.

Masyarakat darussalam punya tradisi unik yang sulit di pisahkan dari kehidupan, terutama ketika lebaran idul fitri dan idul adha tiba, masyarakat dengan sendirinya akan paham dengan datangnya hari raya, mereka penuh antusias dari hari sebelumnya dengan menyiapkan segala sesuatunya seperti ayam kampung yang akan di sembelih untuk di masak dan berbagi daginya untuk di isi pada dulang roah yang di sertakan dengan nasi dan berbagai jenis jajanan dan kue yang di naikkan ke masjid untuk acara ngandang dulang.

Setelah pelaksanaan shalat sunat adha selesai dan Acara zikir dan do'a selesai kemudian dilanjutkan dengan salam-salaman, Jama'ah menerima santap pagi dengan cara ngandang dulang yang sebelumnya sudah di siapkan jamaah bini dari masing-masing keluarga di sekitar masjid darussalam.

Pada acara ngandang dulang yang dilakukan, sangat mengena dengan isi khotbah yang di sampaikan khotib, saling berbagi rizki dalam suasana pandemi. 

Niat ikhlas Jamaah juga terlihat luarbiasa ketika di masa pandemi sekarang masih mampu menyiapkan alakadar sarapan pagi yang sesuai keinginan seluruh jamaah, Seperti yang di sampaikan pengurus masjid Darussalam Ibrahim Arifin sa'at bersama media ini seusai acara ngandang.

Ia juga menambahkan, Ketiadaan acara seperti ini pada hari raya Idul fitri puasa kemarin membuat jamaah sangat antusias hari ini dalam rangka memeriahkan adha, ini sangat jelas terluhat dari banyaknya dulang yang di naikkan jamaah, dari 37 Kepala Keluarga yang ada, hampir 100 persen yang berpartisipasi menaikkan dulang ke masd untuk roah, dan ini sangat luar buada dibandingkan dengan  tahun sebelumnya, ungkap ahim.

Terimakasih kepada semua jamaah terutama jamaah bini atas partisipasi roahnya yang sebelumnya kami tidak sangka akan banyak seperti sekarang, dan berharap pada hari raya di tahun tahun berikutnya agar lebih di tingkatkan, tutupnya.

No comments:

Post a Comment