Hujan Mulai Turun, Petani Desa Siapkan Tempat Semai Padi - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Monday 7 December 2020

Hujan Mulai Turun, Petani Desa Siapkan Tempat Semai Padi



gemadarussalam.com - Hujan mulai turun di wilayah desa Rensing Bat, Dengan demikian kesibukan petani pasca panen tembakau berkhir mulai terlihat dengan di mulainya persemaian bibit padi untuk musim tanam di musim penghujan tahun 2020-2021.

Dari peninjauan Media SID di areal persawahan petani yang berada di setiap dusun se Desa Rensing Bat pada Kamis, 3/12/2020, terlihat tempat-tempat pesemaian padi pada sawah warga mulai dibuat sebagai persiapan sembari menunggu air yang di drop dari dam pandan duri.

Aktifitas petani juga mulai terlihat di sawah ladang mereka untuk membersihkan rumput ilalang Yang lebat setelah sekian bulan tidak adanya aktifitas pertanian.

Datangnya hujan walau tidak disetiap hari membuat petani tak kenal waktu mulai beraktifitas disawah sebagai persiapan menjelang musim tanam.

Seorang petani yang ditemui media SID Jum'at, 4/12 menuturkan, Kedatangan hujan menjadi tanda musim tanam padi akan tiba, Kesibukan petani akan bermula yang di tandai dengan turunnya hujan yang diwali dengan Persemaian bibit padi.

Para petani akan mulai sibuk mengurus sawah ladang mereka, membersihkan setiap rumput yang tumbuh agar bila waktu pembajakan tiba tidak mengganggu aktifitas traktor pembajak, Jelasnya.

Selanjutnya kata dia, Kedatangan hujan juga membuat para petani gembira setelah sekian bulan di hantam panas terik dan ketika pertama kali hujan turun rasa syukur itu tak terhingga.

Kami berharap hujan ini akan berlanjut dan tidak datang sebentar saja agar padi yang sudah disemai bisa tumbuh sempurna seperti yang diharapkan.

Sementara itu, Salah seorang kepala dusun yang juga petani di desa Rensing Bat yang di temuai menuturkan, Keadaan sekarang ini sangat berbeda dengan tahun lalu, tahun ini panas lebih panjang, sedangkan tahun lalu tidak terlalu lama panasnya, hujan turun di awal November sehingga petani sudah menyiapkan tempat penyemaian padi, namun tidak sekarang ini, masuk desember baru ujan mulai turun, pungkasnya.

Banyak petani yang belum siap dengan tempat semaian, hujan sudah mulai mengguyur,  namun demikian tetap bersukur, imbuhnya.

Selanjutnya kata dia, petani di desa ini akan menanam sekitar januari di saat hujan sedang banyak dan setiap hari akan turun, tutupnya.

No comments:

Post a Comment