Peringatan Isro' Mi'raj di Timuk Rurung "Sempurnakan Shalat Cegah Kemungkaran" - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Wednesday 10 March 2021

Peringatan Isro' Mi'raj di Timuk Rurung "Sempurnakan Shalat Cegah Kemungkaran"


 gemadarussalam.com - Masyarakat Dusun Timuk Rurung Desa Rensing Bat menggelar pengajian Peringatan Isro' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Masjid Miftahul Jannah Selasa, 9/02/2021 yang di hadiri TGH. Muhammad Wirajaya, Lc sebagai penceramah.


Acara yang berlangsung setelah Shalat Magrib tersebut dihadiri juga oleh Kepala wilayah Dusun Timuk Rurung Badarudin, S.Pd, I yang sekaligus bertindak sebagai pembawa acara dan juga di hadiri Ratusan masyarakat baik yang berdomisili di dusun setempat maupun masyarakat luar dusun.


Pengajian segaja dikemas sederhana tanpa sepanduk ataupun acara lain yang mengiringi, ini kami lakukan karena melihat kondisi ekonomi masyarakat sekarang di tengah pandemi Corona dan masih dalam suasana membangun kelanjutan pembangunan masjid, Terang Badarudin yang juga pengurus Masjid Miftahul Jannah sa'at di wawancara media gemadarussalam.com Rabu, (11/2) di kantor desa.


Peringatan Hari Besar Islam lain juga sebelum ini selalu dilaksanakan dengan sederhana, yang penting adalah hikmah dari peringatan itu, Ada kebarokahan yang di cari ketika kegiatan semacamnya dilaksanakan pada bulan-bulan tertentu seperti Rajab ataupun bulan lain. Masyarakat kami begitu antusias menggelar acara ini, dari pagi hingga malam acara menyiapkan buah tangan alakadar untuk jamaah yang hadir mengikuti pengajian, terutama jamaah diluar dusun, Ungkapnya.


Sementara itu, TGH. Muhammad Wirajaya, Lc dalam ceramah pengajiannya menyampaikan banyak hal tentang Kelebihan bulan Rajab, Ibadah shalat dan bagaimana pelaksanaan shalat yang baik agar bisa mencegah kemungkaran.


Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia untuk umat Islam malaksanakan banyak ibadah dangan imbalan yang besar jika melakukan banyak ibadah kebaikan, salah satu contohnya adalah melaksanakan puasa 1 hari di bulan rajab sama pahalanya dengan kita melaksanakan puasa 40 tahun, Jelas Tuan Guru.


"Bulan rajab adalah bulan Istimewa yang mana pada bulan tersebut Rasullah SAW menerima wahyu secara langsung dari Allah SWT dalam perjalanan Isro' Mi'raj yakni perintah Shalat 5 waktu sehari semalam yang wajib dilaksanakan oleh semua umatNya"


Selanjutnya jelas tuan guru, Isro' Mi'raj adalah merupakan hadiah kepada Nabi Muhammad setelah beliau di tinggalkan oleh 2 orang yang sangat di sayanginya yakni ,Isteri tercintaNya Siti Khadijah dan PamanNya Abu Talib.


Di Pembahasan selanjutnya, Tuan guru Alumni Al-Azhar Mesir tersebut juga menyampaikan bagaimana melaksanakan shalat dengan adab yang baik dan sempurna agar Allah SWT menerimanya dan bisa menghindari kemungkaran di atas dunia ini.


Ia juga mengajak jamaah untuk senantiasa melaksanakan ibadah shalat lima waktu secara berjamaah, isi masjid ini setiap waktu pelaksanaan shalat, mampu membangun masjid megah kita juga harus mampu menempatinya di setiap waktu shalat dan kegiatan keagamaan lainnya, Tutup tuan guru di akhir ceramahnya.


No comments:

Post a Comment