Asrama Santri/i MTs 2 Rensing Qurban 1 Ekor Sapi - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Thursday 22 July 2021

Asrama Santri/i MTs 2 Rensing Qurban 1 Ekor Sapi

 


gemadarussalam.com - Momentum Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah di tahun Hijriah dimaknai oleh umat muslim di seluruh dunia dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban bersamaan dengan selesainya ibadah wukuf di Padang Arafah Makkah Almukarramah.


Dua hari setelah pelaksanaan shalat Idul Adha, Asrama Santri Mukhtarul Amin Madrasah Tsanawiah NWDI Nomor 2  Rensing misalnya yang ada di Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat juga melakukan penyembelihan hewan qurban pertamanya sejak Asrama dibuka setahun lalu. 


Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 22/07/2021. 1 ekor sapi yang  disembelih pada hari itu. Sapi yang disembelih adalah merupakan bantuan dari Bank Syariah NTB.


Dalam kegiatan ini, Para santri dan santriwati juga diajak untuk melihat proses penyembelihan serta memahami bagaimana cara menyembelih hewan qurban sesuai syariat agama Islam yang berlangsung di halaman madrasah.


Penyembelihan hewan qurban ini adalah bagian dari rangkaian peringatan hari raya Idul adha setelah pelaksanaan manasik haji di makkah al mukarromah.


Penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan bukan hanya menyembelih hewan qurban, tapi semua santri juga  mendapatkan informasi bagaimana cara menyembelih hewan qurban yang benar dan sah secara syari'. Itu semua merupakan pembelajaran bagi para santri/i yang ada di lingkungan asrama.


Pemotongan hewan qurban juga dibantu oleh masyarakat sekitar dan daging qurban dibagikan kepada yang berhak mennerimanya dan selebihnya untuk di konsumsi oleh para santri yang ada di asrama.


No comments:

Post a Comment