Raja dan Amaq Bongoh - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Monday 4 October 2021

Raja dan Amaq Bongoh


 Raja pagi itu perintahkan prajurit untuk memanggil amaq bongoh menghadap ke istana. Pagi itu amaq bongoh sedang di kebun anggur miliknya ketika  sang prajurit menemuinya.


Amaq bongoh anda diperntahkan menghadap tuan raja sekarang juga,  kata prajurit menyampaikan amanat sang raja kepada amaq bongoh.


Dengan cepat amaq bongoh menghadap ke istana Raja. Saya menghadap tuan raja, kata amaq bongoh dihadapan sang raja.


Amaq bongoh kata Tuan raja, Beta perintahkan untuk mendata berapa banyak warga yang buta huruf di kampung tempat tinggalmu. 


Setelah menerima perintah sang raja, Amaq bongohpun langsung melaksanakan titah sang raja. 


Sesampinya di rumah, Amaq bongoh langsung mengambil kapur tulis dan papan tulis berukuran 1 x 1 meter dan menuliskan abjad A sampai Z.


Setelah amaq bongoh selesai menulis abjad, Karena takut tidak ada cukup waktu mendata warga yang buta huruf, amaq bogohpun tidak menunggu waktu lama langsung mengelilingi kampung untuk melakukan pendataan.


Setiap jalan amaq bongoh selalu ditanya warga, apa maksud amaq bongoh membawa tulisan abjad mengelilingi kampung, amaq bongoh terdiam tidak menjawab, hanya menghitung satu persatu warga yang melihat dan bertanya apa tujuannya.


Malampun tiba, amaq bongoh menghadap sang raja untuk melaporkan hasil pendataannya. Sang raja bertanya kepada amaq bongoh, berapa orang warga kampungmu yang buta huruf amaq bongoh, amaq bongoh menjawab, banyak sekali tuan raja, hampir semua warga buta huruf tuan raja, kata amaq bongoh pada tuan raja. Kanapa demikian amaq bongoh tanya tuan raja, ya jawab amaq bongoh. Saya menulis abjad di papan tulis dan mengelilingi kampung, tapi tidak ada satupun yang bisa membaca, mereka hanya bertanya apa maksudnya berkeliling kampung membawa papan bertuliskan abjad A sampai Z tuan raja. Berarti warga yang bertanya tersebut tidak bisa membaca karena buta hurup tuanku, kata amaq bongoh melaporkan hasil pendataannya.


Raja hanya mengangguk angguk bilang ya ya ya betul betul betul.


Base jak dengan bongoh kance raje sak bdul🤣🤣🤣


Semoga terhibur

No comments:

Post a Comment